Betawipos, Tokyo – Atlet angkat besi Indonesia, Windy Cantika Aisah berhasil berhasil menyumbangkan medali perdana bagi kontingen Indonesia di Olympiade Tokyo, hari ini Sabtu (24/07/21). Gadis berusia 19 tahun ini meraih medali perunggu di kategori weightlifting putri 49 kg.

Windy Cantika hanya kalah dari Hou Zhihui (China) dan Saikom Mirabai Chanu (India) yang secara berurutan berada di posisi pertama serta kedua.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi seperti dikutip Betawipos, menyambut gembira sukses gadis asal Bandung ini menyumbang medali perunggu.

“Aisah yang baru 19 tahun mampu tampil dengan Hou Zhihui (China) dan Saikom Mirabai Chanu (India) yang memegang rekor dunia. Saya yakin Aisah sangat potential jadi bintang Indonesia di gelanggang olah raga dunia”, ujar Dubes Heri yang menyaksikan langsung pertandingan ini di Hall Tokyo International Forum, Sabtu (24/7).

Keberhasilan menyabet medali perdana ini lanjut Dubes Heri diharapkan bisa memompa semangat atlet Indonesia lainnya dalam merah prestasi terbaik di Olimpiade Tokyo 2021.

Indonesia saat ini berada pada urutan keempat dalam perolehan medali sementara hari pertama Sabtu (24/7).

Posisi teratas masih ditempati China yang berhasil meraih dua medali emas sejauh ini.

Diikuti oleh India dan Rusia yang sama-sama telah mendapatkan medali perak sehingga berhak duduk di posisi kedua serta ketiga.

Indonesia menyusul di peringkat keempat setelah meraih medali perunggu lewat cabor angkat besi.

Windy Cantika meraih medali perunggu angkat besi kelas 49 kg putri. Ia sukses mengangkat beban total 194 kg dengan rincian 84 kg snatch dan 110 kg clean & jerk.

Windy kalah unggul dari Chanu Saikhom Mirabai (India) yang mencatatkan 202 dengan rincian 87 kg snatch dan 115 kg clean & jerk dengan menyabet medali perak. 

Sementara medali emas dipegang oleh lifter asal China, Hou Zhizui, yang berhasil mengangkat beban total 210 kg dengan rincian 94 kg snatch dan 116 kg clean & jerk.

Terlepas dari rekor tersebut, Windy Cantika Aisyah bisa menjadi andalan baru Indonesia untuk masa depan mengingat usianya masih belia.

Windy dalam Olimpiade Tokyo berhasil memecahkan rekor total angkatan pribadinya. Sebelumnya, dia memiliki catatan angkatan total 191 kg (86 snatch dan 105 kg clean & jerk). Kini Windy hanya perlu konsisten menambah total angkatan saat ini, 194 kg (84 kg snatch dan 110 kg clean & jerk).