Betawipos, Jakarta – Kejaksaan Agung melimpahkan berkas perkara Kekarantinaan Kesehatan terdakwa Mohammad Rizieq Shihab, Selasa (09/03/21) kemarin. Pelimpahan berkas perkara itu dilakukan Tim Jaksa Penuntut Umum pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum dan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur.

Tim JPU melimpahkan 6 berkas perkara Tindak Pidana Kekarantinaan Kesehatan menyusul Surat Keputusan Mahkamah Agung RI yang menunjuk Pengadilan Negeri Jakarta Timur untuk memeriksa dan mengadili yang bersangkutan. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan, keenam berkas perkara tersebut atas nama Terdakwa Moh. Rizieq alias Habib Muhammad Rizieq Shihab Bin Sayyid Husein Shihab, H. Haris Ubaidillah dan H. Ahmad Sabri Lubis. Selain itu berkas perkara tersebut atas nama terdakwa Ali Alwi Alatas bin Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al Habsyi dan terdakwa Maman Suryadi. 

“Berkas perkara tersebut untuk perkara yang terjadi di Jl. KS. Tubun Petamburan Jakarta Pusat pada tanggal 13 November 2020, dipindahkan proses pemeriksaannya ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur berdasarkan Surat Keputusan Mahkamah Agung RI Nomor: 49 / KMA / SK/ II / 2021 tanggal 24 Februari 2021,” paparnya dalam rilis yang diterima Redaksi Betawipos

Kejagung juga melimpahkan berkas perkara terdakwa Muhammad Rizieq Shihab, terdakwa dr. Andi Tatat bin M. Azhar Toha dan terdakwa Muhammad Hanif Alatas bin Abdurachman dengan locus Kejaksaan Negeri Kota Bogor.

“Berkas perkara tersebut untuk perkara yang terjadi di Rumah Sakit UMMI Jl. Empang Kota Bogor pada tanggal 27 November 2020, dipindahkan proses pemeriksaannya ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur berdasarkan Surat Keputusan Mahkamah Agung RI Nomor: 50 / KMA / SK/ II / 2021 tanggal 23 Februari 2021,” jelasnya.

Demikian halnya dengan terdakwa Rizieq Shihab dengan locus Kejaksaan Negeri Cibinong untuk perkara yang terjadi di Pondok Pesantren Alam Agrokultural Mega Mendung Bogor pada tanggal 13 November 2020. Berkas ini dipindahkan proses pemeriksaannya ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur berdasarkan Surat Keputusan Mahkamah Agung RI Nomor: 48 / KMA / SK/ II / 2021 tanggal 19 Februari 2021.

Sementara pasal yang didakwakan atas diri terdakwa antara lain UU Kekarantinaan Kesehatan, KUHP, UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular dan sejumlah UU lainnya. Demikian halnya dengan terdakwa Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus Al Habsyi dan Maman Suryadi.

Terdakwa Rizieq Shihab, Dr. Andi Tatat bin M. Azhar Toha dan Muhammad Hanif Alatas bin Abdurachman untuk locus Kejari Kota Bogor didakwa sejumlah pasal dalam UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan UU Wabah Penyakit Menular. Sedangkan untuk locus Kejaksaan Negeri Cibinong pimpinan Front Pembela Islam itu didakwa dengan UU tentang Kekarantinaan Kesehatan dan tentang Wabah Penyakit Menular.

Dengan telah dilimpahkannya berkas perkara Tindak Pidana Kekarantinaan Kesehatan atas nama Terdakwa Moh. Rizieq Alias Habib Muhammad Rizieq Shihab Bin Sayyid Husein Shihab Dkk. ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur maka proses selanjutnya adalah pemeriksaan persidangan yang akan ditetapkan oleh Majelis Hakim tetang hari sidang pertama.

“Pelimpahan berkas perkara ke pengadilan dilaksanakan dengan mematuhi dan memenuhi protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan menggunakan hand sanitizer,pungkas Leonard Eben Ezer Simanjuntak. red