Betawipos, Tokyo – Medali emas yang diraih Kontingen Indonesia dari cabang olahraga para-bulutangkis Paralimpiade Tokyo 2020 menjadi prestasi gemilang atlit kita. Karena itulah, Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi memberikan apresiasi luar biasa untuk pasangan Ratri dan Hary.

“Saya berikan apresiasi yang luar biasa untuk emas yang kedua ini bagi Ratri. Karena ajang Paralimpiade ini menjadi pembuktian diri bagi Ratri bisa memperoleh 2 emas dan 1 perak. Saya nilai ini prestasi luar biasa dari atlet Indonesia dalam 1 event olahraga. Ke depan ini yang harus dijaga sebaik-baiknya dengan dukungan bukan hanya organisasi tetapi juga oleh Pemerintah, kalangan pengusaha dan kalangan akademisi atau Universitas. Selamat juga untuk Hary Susanto yang tampil prima,” kata Dubes Heri saat menyaksikan langsung pertandingan ini di Yoyogi National Stadium, Jepang Minggu (5/9).

“Kami di KBRI Tokyo bersyukur dapat mendukung Kontingen RI yang sangat membanggakan”, tambahnya seperti dikutip Betawipos.

Ganda campuran Indonesia, Hary Susanto/Leani Ratri Oktila sukses memenangkan medali emas dalam laga final bulutangkis kelas SL3-SU5 di gelaran Paralimpiade Tokyo 2020 lalu. Keduanya berhasil menekuk lutut wakil Prancis Faustine Noel/Lucas Mazur dengan skor 23-21, 21-17.

Ratri pada Minggu (5/9) pagi mendapat medali perak setelah kalah 3 set melawan pebulutangkis Tiongkok Cheng Hefang 19-21, 21-17, 16-21. Sehari sebelumnya Ratri berhasil merebut emas dengan menjuarai juara nomor ganda putri SL3-SU5, bersama pasangannya Khalimatus Sadiyah.

Tim Indonesia di hari yang sama juga menambah satu medali perunggu yang disumbangkan oleh Fredy Setiawan yang mengalahkan jagoan India, Tarun 21-17 dan 21-11 di tunggal putra SL4.

Tambahan tiga medali ini menjadikan Indonesia mengoleksi dua emas, tiga perak dan empat perunggu. Ril