Betawipos.com, Jakarta – Jaksa Agung, ST Burhanuddin, memastikan kondisi para tahanan kejaksaan aman saat terjadi kebakaran hebat yang melanda gedung utama Kejagung di Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru Jakarta selatan, Sabtu (22/8/2020) sejak pukul 19.10 WIB.

Kepada wartawan termasuk Betawipos, Burhanuddin menyebutkan kondisi tahanan dan berkas nya aman semua karena letak ruang tahanannya berada di belakang gedung utama.

“Tahanan di belakang kondisi aman, aman semua. Jadi berkas perkara, tahanan, aman,” ucapnya di lokasi kebakaran. Pihaknya menilai, belum perlu dilakukan evakuasi terhadap para tahanan. Evakuasi akan dilakukan, jika asap kebakaran mendekati gedung tahanan.

Terkait soal adanya korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, Burhanuddin mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan. Gedung juga dalam kondisi kosong karena pegawai sedang libur.

“Sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa, mudah-mudahan tidak ada, karena ini kan libur. Sedang penyebab kebakaran tersebut masih kita selidiki. Tapi yang utamanya, bahwa berkas-berkas perkara tidak ada di sini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung RI, Hari Setiyono mengatakan, seluruh berkas dan data dipastikan bisa diamankan. Meski pada akhirnya ikut dilalap si jago merah, pihak Kejagung miliki data cadangan.

“Tidak ada masalah terkait data-data di gedung itu. Kami mempunyai cadangan data seandainya data-data kepegawaian tebakar, kami masih punya cadangan data atau backupnya,” tuturnya.

Selain itu, Hari menyebut, tidak ada berkas lain yang tersimpan di gedung yang terbakar itu. Sebab, fungsi gedung tersebut biasa digunakan untuk pembinaan.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui apa penyebab kebakaran tersebut yang merambat hingga lantai 6. Begitu pun berapa jumlah kerugian akibat kejadian ini.

Seperti diketahui, Kebakaran terjadi sejak sekitar pukul 19.10 WIB yang melalap gedung utama yakni ruang intelejen dan dan pembinaan yang merupakan asal sumber apinya yang hingga pukul 22. 00 WIB belum padam.

Sementara pihak kepolisian telah menutup arus lalu lintas di sekitar lokasi kebakaran, Jalan Bulungan dan Jalan Panglima Polim. Polisi juga melakukan sterilisasi di kompleks Gedung Kejaksaan Agung.  (Acil/BD).